Mengenal Kelompok Ruwaibidhah

By | November 10, 2020
ruwaibidhah

Maka ingatlah sahabat ku sekalian. Kerosakan yang berlaku hari ini, datangnya dari tangan- tangan kelompok Ruwaibidhah. Ulama Jahat.

Bukan sahaja akan munculnya kelompok Khawarij dan Ulama Jahat dan kelompok سُفَهَاءُ اْلأَحْلاَمِ (mereka yang Bodoh) Tetapi akan datang kelompok yang dimaksudkan Nabi tentang kelompok Ruwaibidhah.

Pada sudut bahasa, Ulama mendefinisikan kelompok ini dikenal sebagai “ashaghir”, mereka yang lemah dalam hal keduniaan. diambil dari kata Ar-Rabidh, ciri ciri mereka ini takfirul hukkam wal muslimin (pengkafiran terhadap penmerintah dan kaum muslimin). Kelompok ini datang dengan bermudah mudah mengkafirkan Pemerintah dan Kaum Muslimin dan inilah realiti yang berlaku dalam Politik kita hari ini.

Siapakah kelompok Ruwaibidhah ?

Sabda rasulullah Saw ..

سَيَأْتِي عَلَى النَّاسِ سَنَوَاتٌ خَدَّاعَاتٌ؛ يُصَدَّقُ فِيهَا الْكَاذِبُ وَيُكَذَّبُ فِيهَا الصَّادِقُ وَيُؤْتَمَنُ فِيهَا الْخَائِنُ وَيُخَوَّنُ فِيهَا الْأَمِينُ وَيَنْطِقُ فِيهَا الرُّوَيْبِضَةُ

“Sesungguhnya, akan datang kepada manusia tahun-tahun yang sangat menipu. Para pendusta pada zaman itu dianggap sebagai orang yang jujur, sementara orang yang jujur dianggap pendusta. Para pengkhianat pada zaman itu dipercayai, sementara orang-orang yang amanah dianggap pengkhianat. Pada zaman itu pula Ruwaibidhah banyak berbicara…”

قِيلَ وَمَا الرُّوَيْبِضَةُ ؟ قَالَ

Ditanya kepada Nabi Saw.. Siapakah kelompok Ruwaibidhah? jawab nabi..

الرَّجُلُ التَّافِهُ يَتَكَلَّمُ فِي أَمْرِ الْعَامَّةِ

“Orang Bodoh yang membicarakan urusan manusia(Masyarakat/Politik)…”

Author: admin

Salam sejahtera, saya Fadzil Amri lulusan ijazah syariah dari Darul Uloom Zakariyya, South Africa. Kini berkecimpung dalam menyediakan kelas-kelas pengajian Al-Quran dan Tajwid dan juga Fardu ain bagi orang dewasa. Berpengalaman mengajar hampir 10 tahun, ramai telah keluar dari kepompong buta huruf tidak tahu membaca hingga dapat membaca Al-Quran dengan baik.. Alhamdulillah.